Sirkuit Mandalika Lombok Resmi Gelar MotoGP Indonesia 2021

Halo guys, kita ketemu lagi di Daengagus.com, kali ini saya akan membahas sebuah informasi terbaru yaitu tentang Sirkuit Mandalika Lombok Nusa Tenggara Barat. Artikel ini masih dalam pembahasan MotoGP, dan mungkin menyenangkan khususnya buat orang Indonesia.

Sirkuit Mandalika Lombok Resmi Gelar MotoGP Indonesia 2021

Sirkuit Mandalika Lombok Resmi Gelar MotoGP Indonesia 2021

Yap, info terbaru kali ini akan menyenangkan bagi orang Indonesia, khususnya buat kalian yang menyukai ajang balap motor. Pasalnya, Negeri seribu candi ini sudah dipastikan akan menggelar balapan motor berkelas dunia, apalagi kalau bukan ajang balap MotoGP.

Selain menggelar ajang spektakuler MotoGP, Indonesia juga dipastikan akan menggelar ajang World Superbike (WSBK). Namun sayangnya, kita harus menunggu 2 tahun lagi. Karena Indonesia baru saja meneken kontrak dengan Dorna Sport, dan durasi kontraknya akan dimulai pada tahun 2021.

Dimana MotoGP Indonesia akan Digelar?

MotoGP Indonesia sebenarnya sudah direncanakan beberapa tahun lalu, Sirkuit Sentul, Palembang adalah salah satu sirkuit yang digadang-gadang akan menjadi tuan rumah MotoGP. Namun pada akhirnya, Sirkuit Mandalika yang menjadi pilihan dan disetujui oleh pihak penyelenggara Dorna Sport.

Indonesia akan menggelar MotoGP mulai 2021 hingga 2023 di Sirkuit Mandalika Lombok dengan opsi perpanjangan. Sirkuit ini terletak dikawasan wisata Lombok, Nusa Tenggara Barat yang tentunya akan menambah kesan pemandangan yang indah. Selain itu, balapan di Sirkuit Mandalika akan menjadi satu-satunya balapan MotoGP dengan konsep sirkuit jalanan.

Balapan dengan konsep sirkuit jalan raya mungkin pernah kita temukan, namun bukan diajang MotoGP dan hanya ada dibalapan F1. Balapan menggunakan sebagian jalan raya memang cukup asing dan unik, seperti dengan balapan Formula 1 Singapura dan Monaco yang sebagian lintasanya menggunakan jalan raya.

MotoGP Indonesia 2021 bukan yang pertama kali, sebelumnya Indonesia pernah menggelar MotoGP pada tahun 1996-1997 di Sirkuit Sentul, Bogor Jawa Barat. Valentino Rossi adalah satu-satunya pembalap aktif saat ini yang pernah melintas di Sirkuit Indonesia. Pada saat itu, Rossi menjuarai kelas 125cc, Max Biaggi (250cc), dan Tadayuki Okada (500cc).

MotoGP 500cc Indonesia 1996

Foto By: Motorsport.com

Apakah Aksi Valentino Rossi Masih Bisa Disaksikan Langsung di MotoGP Indonesia 2021?

Tentunya pertanyaan ini akan terlintas dalam pikiran fans The Doctor yang pastinya ingin melihat secara langsung seorang Valentino Rossi memacu motor di Sirkuit Mandalika, Indonesia. Pertanyaan tersebut saat ini akan sulit dijawab, mengingat VR46 hanya memiliki kontrak di Yamaha hingga 2020.

Valentino Rossi di 16 Februari 2019 lalu telah berusia 40 tahun, itu artinya Rossi akan berusia 42 tahun di 2021. Sepertinya penglihatan Rossi masih tajam yah guys, besar kemungkinan Rossi akan memperpanjang kontrak di Yamaha atau memilih pabrikan lain untuk balapan di Sirkuit Mandalika Lombok, Indonesia. Apalagi The Doctor dikenal memiliki banyak fans di Indonesia, jika Rossi ingin aksinya dilihat langsung oleh para fans di Indonesia, maka dia akan memilih belum pensiun di 2020.

Video: 40 Overtake Rossi di Usia 40 Tahun

Untuk pembalap seusia Jorge Lorenzo, Marc Marquez, dan Andrea Dovizioso tentunya masih memiliki banyak kesempatan untuk tampil di MotoGP Indonesia. Moga kalian dan para pembalap diberi umur panjang yah guys biar bisa nonton secara langsung aksi mereka diajang MotoGP Indonesia 2021.

Sirkuit Mandalika Lombok Resmi Gelar MotoGP Indonesia 2021

Sirkuit Mandalika Lombok

Foto By: Detik.com

Pembangunan Sirkuit Mandalika Lombok Nusa Tenggara Barat rencananya akan mulai pada Oktober 2019, dan akan memakan waktu 6 hingga 7 bulan. Besar anggaran yang akan digunakan diperkirakan mencapai Rp.3,6 Triliun. Untuk desain Sirkuit Mandalika akan menggunakan sebagian jalan raya. Memiliki panjang lintasan 4,3 km, 18 jumlah tikungan dan satu lintasan lurus. Area paddock akan dibangun 40 garasi untuk operasional tim peserta. Dan hospitality suite yang mampu menampung 7.700 penonton.

Sirkuit Mandalika Lombok Nusa Tenggara Barat memiliki kapasitas 93.200 tempat duduk. Area ini digunakan untuk penonton yang ingin melihat seluruh area lintasan yang ada di sirkuit tersebut. Dan tentunya dengan harga tiket yang sedikit lebih mahal. Sedangkan untuk area tanpa tempat duduk memiliki kapasitas 138.700, harga tiket akan lebih murah diarea ini. Namun jangkauan penglihatan kemungkinan terbatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *